Jumat, 14 Juli 2023

Daftar Makanan yang Bisa Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Provinsi Sumsel


Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, provinsi Sumatra Selatan juga terkenal dengan berbagai macam makanan khasnya yang enak dan lezat. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke provinsi ini alangkah baiknya untuk mengunjungi tempat - tempat yang menjual berbagai macam makanan khasnya. Diantara makanan khas yang terkenal di provinsi ini adalah pempek, tekwan, model, mie celor pindang patin dan masih banyak lagi makanan khas lainnya. dalam artikel kali ini kita akan membahas satu persatu makanan khas yang terdapat di provinsi ini.

Berikut adalah daftar makanan yang populer dan terkenal di Sumatra Selatan:

  1. 1. Pempek



  2. Pempek adalah hidangan khas Palembang yang terbuat dari ikan yang digiling halus dan dicampur dengan tepung sagu. Kemudian dibentuk menjadi bola-bola atau silinder dan direbus. Pempek disajikan dengan kuah cuka yang khas.


  3. 2. Tekwan



  4. Tekwan juga merupakan hidangan Palembang yang terkenal. Hidangan ini terdiri dari bola ikan yang diisi dengan adonan ikan yang dicampur dengan tepung sagu. Tekwan disajikan dengan kuah bening yang gurih dan diberi tambahan irisan daun seledri.


  5. 3. Model



  6. Model adalah makanan tradisional Sumatra Selatan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas. Daging yang dimasak menjadi sangat empuk dan disajikan dengan nasi putih.


  7. 4. Mie Celor



  8. Mie Celor adalah hidangan mie khas Palembang. Mie digoreng dan disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari santan, telur, udang, dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan irisan daun bawang dan taburan bawang goreng.


  9. 5. Pindang Patin



  10. Pindang Patin adalah hidangan ikan patin yang dimasak dengan bumbu pindang yang khas. Ikan patin direbus dalam kuah yang terbuat dari campuran rempah-rempah, asam kandis, dan daun jeruk purut. Rasanya gurih dan asam segar.


  11. 6. Mie Lenggang



  12. Mie Lenggang adalah hidangan mie khas Bangka Belitung yang terdiri dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kental dan berisi campuran daging cincang, telur, tauge, dan irisan daun bawang.


  13. 7. Kerupuk Kulit



  14. Kerupuk kulit adalah camilan yang terbuat dari kulit sapi yang diolah menjadi kerupuk renyah. Kerupuk kulit sangat populer di Sumatra Selatan dan sering dijadikan teman makan hidangan seperti pempek atau mie celor.


  15. 8. Seruit



  16. Seruit adalah hidangan khas Bengkulu yang terdiri dari ikan yang digoreng kering dan disajikan dengan bumbu khas Bengkulu, seperti santan, kunyit, dan daun kemangi.

Itu hanya beberapa makanan yang dapat Anda coba saat berkunjung ke Provinsi Sumatra Selatan. Pastikan untuk mencicipi hidangan-hidangan ini yang kaya akan cita rasa dan keunikan budaya setempat.

0 komentar:

Posting Komentar