Selasa, 11 Juli 2023

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Berikut Contohnya


Surat lamaran kerja adalah dokumen yang biasanya dibuat oleh seseorang ketika akan melamar suatu pekerjaan. Isi dari surat lamaran kerja berisi tentang data diri, alasan melamar pekerjaan, pengalaman kerja serta kualifikasi pendidikan dan keahlian yang dimiliki. Surat lamaran kerja sangat penting karena menjadi salah satu syarat untuk dapat dipertimbangkan oleh pihak perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Terdapat berbagai contoh surat lamaran kerja yang bisa ditemukan di internet yang dapat digunakan sebagai referensi ketika akan membuat surat lamaran pekerjaan

Untuk membuat surat lamaran kerja, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Susunlah surat lamaran kerja yang baik dan benar dengan format yang jelas dan mudah dibaca.

  2. Tulis data diri lengkap, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat e-mail di bagian atas surat.

  3. Tuliskan data penerima surat, yaitu nama dan alamat perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

  4. Jelaskan mengenai peluang pekerjaan yang kamu lamar seperti posisi yang kamu inginkan, lama pengalaman kerja, dan mengapa perusahaan tersebut menarik perhatianmu.

  5. Jelaskan keterampilan dan keahlian yang kamu miliki serta bagaimana kamu akan membuat kontribusi kepada perusahaan tersebut.

  6. Akhiri surat lamaran dengan kalimat penutup yang sopan dan jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan di bawahnya



Berikut adalah contoh surat lamaran kerja:

[Alamat Kantor Perusahaan]
[Alamat Kota]
[Tanggal]

Kepada Yth,
[HRD/Pimpinan Perusahaan]
[Alamat Kantor Perusahaan]
[Alamat Kota]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama Lengkap : [Nama Lengkap Anda]
Tempat/Tanggal Lahir : [Tempat/Tanggal Lahir Anda]
Alamat Rumah : [Alamat Rumah Anda]
Nomor Telepon : [Nomor Telepon Anda]
Email : [Email Anda]

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajukan permohonan untuk menjadi bagian dari [Nama Perusahaan] sebagai [Jabatan yang Dilamar]. Saya tertarik dengan posisi tersebut karena sejalan dengan minat dan pengetahuan yang saya miliki, serta membuka peluang bagi saya untuk mengembangkan diri dan belajar di lingkungan kerja yang kondusif.

Saya memiliki pengalaman kerja di bidang [sebutkan pengalaman kerja Anda] selama [durasi]. Selain itu, saya juga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam [sebutkan keterampilan Anda] yang dapat saya maksimalkan dalam bekerja di perusahaan ini. Saya berkomitmen untuk bekerja secara profesional, dapat diandalkan, dan berkontribusi secara positif untuk kemajuan perusahaan.

Saya siap mengikuti tahapan seleksi dan tes yang akan diadakan oleh perusahaan, serta siap untuk melakukan wawancara jika diperlukan. Terlampir CV dan dokumen pendukung lainnya untuk menjadi pertimbangan Anda dalam mempertimbangkan lamaran kerja saya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk bergabung dan berkontribusi dalam perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]


Demikianlah penjelasan tentang surat lamaran kerja dan contohnya. Semoga para pelamar kerja dimudahkan dalam mencari pekerjaannya dan diterima di tempat kerja yang diinginkannya.

0 komentar:

Posting Komentar