Sabtu, 15 Juli 2023

30 Contoh Ice Breaking Seru untuk Mencairkan Suasana di Kelas

 


Pengertian Ice Breaking 

Ice breaking adalah suatu kegiatan atau teknik yang digunakan untuk memecah kebekuan atau kecanggungan dalam situasi sosial atau kelompok yang baru. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang santai, mengurangi kecemasan, dan memperkenalkan peserta-peserta kepada satu sama lain. Ice breaking adalah suatu kegiatan atau teknik yang digunakan untuk memecah kebekuan atau kecanggungan dalam situasi sosial atau kelompok yang baru. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang santai, mengurangi kecemasan, dan memperkenalkan peserta-peserta kepada satu sama lain.


30 Contoh Ice Breaking

1. Perkenalan dua menit: Peserta berpasangan dan diberikan waktu dua menit untuk saling memperkenalkan diri satu sama lain. Setelah itu, mereka memperkenalkan pasangan mereka kepada kelompok.

2. Human Bingo: Peserta mencari orang lain yang memenuhi kriteria yang tercantum dalam kartu bingo manusia, seperti "Seseorang yang memiliki hobi olahraga ekstrem" atau "Seseorang yang pernah tinggal di luar negeri."

3. Pose Pilihan: Peserta diberikan pilihan beberapa pose atau gerakan dan mereka harus memilih salah satu yang merepresentasikan diri mereka. Setiap peserta kemudian memperkenalkan diri sambil menunjukkan pose pilihannya.

4. Karakter Favorit: Peserta berbagi tentang karakter fiksi favorit mereka dan memberikan alasan mengapa karakter itu menjadi favorit mereka.

5. Kado Khayalan: Setiap peserta memberikan deskripsi tentang kado khayalan yang mereka inginkan dan mengapa mereka memilihnya. Mereka juga dapat memperkenalkan pasangan mereka dan mengapa kado itu cocok untuk mereka.

6. Kejadian Menarik: Peserta berbagi tentang pengalaman menarik atau lucu yang pernah mereka alami.

7. Pantun Bergantian: Peserta membentuk lingkaran dan setiap orang harus mengucapkan pantun bergantian dengan menggunakan nama mereka sendiri dalam pantun.

8. Asosiasi Kata: Peserta membentuk kelompok kecil dan satu orang memulai dengan menyebutkan kata. Orang berikutnya harus mengasosiasikan kata itu dengan kata lain, dan seterusnya.

9. Mengenal Minat: Peserta diberikan kertas atau stiker dengan kata-kata minat atau hobi yang berbeda. Mereka harus mencari orang lain dengan minat yang sama dan berinteraksi untuk mempelajari lebih lanjut tentang minat mereka.

10. Balon Kepribadian: Peserta diberikan balon dan diminta untuk menghembuskannya. Setiap peserta harus memberikan deskripsi singkat tentang diri mereka berdasarkan warna atau bentuk balon yang mereka dapatkan.

11. Jejak Kaki: Peserta membentuk pasangan dan menaruh sepatu mereka di tengah ruangan. Mereka harus mencari pasangan dengan jejak kaki yang cocok dan berinteraksi untuk saling mengenal.

12. Meme Diri: Peserta diminta untuk membuat gambar atau meme yang menggambarkan diri mereka dengan cara yang kreatif dan lucu.

13. Pertanyaan Cepat: Peserta duduk berpasangan dan saling bertanya pertanyaan sederhana secara bergantian dengan waktu terbatas.

14. Timbang Aneh: Peserta berpasangan dan saling berbicara tentang tiga hal aneh atau unik tentang diri mereka sendiri.

15. Angin dan Badai: Peserta berdiri dalam lingkaran dan berteriak "Angin!" saat memutar badan ke kanan dan "Badai!" saat memutar badan ke kiri. Peserta harus mengikuti arah yang benar dan mencoba tidak terkecoh.

16. Peta Hidup: Peserta membuat peta yang menggambarkan perjalanan hidup mereka dengan menandai momen penting atau peristiwa yang berdampak dalam hidup mereka.

17. Saya adalah orang yang...: Peserta bergantian menyebutkan satu pernyataan tentang diri mereka dengan awalan "Saya adalah orang yang..." dan yang memiliki kesamaan dengan orang lain harus berdiri dan saling berkenalan.

18. Presentasi Emoji: Peserta diminta untuk memilih emoji yang paling menggambarkan perasaan mereka saat ini dan memberikan penjelasan singkat tentang alasan pemilihan emoji tersebut.

19. Putar Botol: Peserta duduk dalam lingkaran dan botol diputar di tengah-tengah mereka. Orang yang diarahkan oleh botol harus memperkenalkan diri dan berbagi sesuatu tentang diri mereka.

20. Keunikan Nama: Peserta berbagi tentang arti atau cerita di balik nama mereka dan mencari orang lain dengan nama yang memiliki kesamaan unik.

21. Foto Favorit: Peserta membawa foto favorit mereka dan berbagi cerita di balik foto tersebut dengan kelompok.

22. Timbang Kepribadian: Peserta diberikan daftar kata atau karakteristik kepribadian dan diminta untuk memilih beberapa yang paling mendefinisikan diri mereka. Mereka kemudian berpasangan dan saling berbagi pemilihan mereka.

23. Keberuntungan Dalam Sekeliling: Peserta mencari benda-benda keberuntungan di sekitar mereka dan berbagi cerita atau makna yang terkait dengan benda tersebut.

24. Aku Lebih Memilih: Peserta berpasangan dan saling bertanya tentang pilihan preferensi mereka dalam situasi tertentu, misalnya "Apakah kamu lebih memilih pantai atau gunung?" atau "Apakah kamu lebih memilih musim panas atau musim dingin?"

25. Kata Awal: Peserta membentuk lingkaran dan seseorang memulai dengan mengucapkan satu kata. Peserta berikutnya harus mengucapkan kata yang terkait dan seterusnya, sehingga membentuk sebuah cerita.

26. Kelompok Klasifikasi: Peserta diberikan kartu dengan kata-kata atau gambar yang berbeda. Mereka harus mengklasifikasikan kartu-kartu tersebut ke dalam kelompok berdasarkan kategori yang mereka buat.

27. Meme Identitas: Peserta membuat meme yang menggambarkan identitas mereka, baik itu mengenai kehidupan pribadi, kegiatan favorit, atau kepribadian mereka.

28. Kepribadian Musikal: Peserta berbagi tentang lagu atau musisi favorit mereka, dan mengapa lagu atau musisi itu mewakili diri mereka.

29. Klaim Palsu: Peserta membuat pernyataan palsu tentang diri mereka dan orang lain harus menebak apakah pernyataan itu benar atau palsu. Setelah itu, mereka saling berbagi cerita tentang kebenaran di balik pernyataan tersebut.

30. Pertanyaan Tebak: Peserta saling bertanya pertanyaan tebak tentang diri mereka, seperti "Berapa banyak saudara yang saya miliki?" atau "Apa hewan peliharaan saya?". Peserta lain harus menebak jawaban yang benar.

Setiap kegiatan ice breaking dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi kelompok yang spesifik. Selalu pastikan untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan tujuan dan dinamika kelompok yang akan berpartisipasi.

0 komentar:

Posting Komentar